Baru punya penghasilan terkadang adalah hal yang bisa mengundang kebiasaan buruk bagi sebagian orang. Punya uang dianggap bisa membeli barang semaunya tanpa berpikir uangnya bisa habis atau berguna di kemudian hari. Jika Anda pun punya kecenderungan semacam itu, maka simak beberapa hal berikut.

Menggunakan Fitur Aplikasi Keuangan

Baru tahu ya, ada fitur ini? Ternyata di era yang serba digital, manajemen keuangan pun bisa dilakukan secara online lewat aplikasi keuangan. Istimewanya lagi, aplikasi ini bisa terhubung dengan bank dimana kamu terdaftar sebagai nasabahnya. Kamu tidak perlu lagi kesulitan perlu mencatat di buku karena cukup menggunakan telepon genggam semua jadi beres.

Perlu diketahui beberapa aplikasi yang sudah terkonfirmasi aman dan bisa kamu unduh mulai sekarang, diantaranya Monefy, Uangku, Money Lover, Money Manager, dan Wallet. Diantara yang sudah disebutkan ada yang berbayar dan gratis. Cara mengatur keuangan jadi mudah dan tentunya, masing-masing punya keunggulan.

Memilih Daftar Belanjaan

Lifestyle bukan investasi! Ubah pikiran Anda kalau membeli barang bermerek, entah itu tas, sepatu, gadget atau baju adalah investasi Anda. Barang-barang tersebut tidak menjangkau semua pasar, dan bisa saja rusak.

Sangat berbeda jika misalnya, Anda membeli emas yang punya nilai jual di pasar secara global. Kalau dibutuhkan sewaktu-waktu bisa dijual kembali dan ada harganya. Barang bermerek seringnya Anda beli karena nafsu. Salah satunya cara mengatur keuangan adalah berbelanja bukan karena dorongan ingin dilihat orang tapi memilah kebutuhan.

Bisnis Dan Uang Pribadi Harus Terpisah

Sangat bagus ketika Anda sudah punya pikiran untuk mandiri secara keuangan, bekerja dan kemudian, berbisnis. Tips pertama adalah bisnis tidak selalu perlu modal besar. Karena modal akan seimbang dengan resiko. Jangan sampai dana cadangan Anda habis semua di modal awal.

Mencampurkan dana bisnis dan pribadi adalah Big No! Contohnya saja rekening harus terpisah. Anggap Anda selalu menerima gaji dari bisnis dan kerja pribadi. Dengan begitu akan bisa mengukur seberapa besar bisnis Anda sudah berkembang. Ini berlaku juga untuk aplikasi keuangan yang harus terpisah.

Dana Darurat Adalah Wajib!

Apa yang akan terjadi di masa datang tak bisa diprediksi. Karena itu penting untuk selalu menyimpan dana di dompet terpisah yang tidak pernah digunakan. Namanya darurat memang tidak diharapkan akan selalu dikeluarkan.

Demikian beberapa hal penting cara mengelola keuangan bagi pemula. Perlu ditekankan bahwa selalu mencatatkan adalah kunci keberhasilan mengatur keuangan. Sering orang merasa punya uang tapi kemudian tabungan hanya bernilai nol. Artinya ada yang salah dengan pencatatan Anda. Seperti saran di atas, gunakan aplikasi keuangan yang aman dan terpercaya jika ingin disambungkan langsung ke bank Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here